Cara Ampuh Membersihkan Atap Gedung Agar Kinclong

Cara Ampuh Membersihkan Atap Gedung Agar Kinclong

Atap dak beton pada bangunan hunian rumah sekarang ini lebih banyak dipilih. Hal tersebut disebabkan karena atap dak dapat memberikan beberapa keuntungan. Misalnya yaitu bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan tanaman, tempat menjemur pakaian, ataupun tempat untuk membangun gazebo.

Karena bersifat multifungsi, atap dak haruslah dijaga kekuatan struktur dan kebersihannya agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Nah bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara merawat dan membersihkan dak, silakan langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Tips Agar Atap Terjaga Kebersihannya

1. Atap dak beton memiliki permukaan yang datar sehingga rentan terkena genangan air saat hujan turun. Atap yang tergenang dalam jangka waktu yang lama dapat merusak struktur dan membuat air merembes ke bagian dalam.

Oleh karena itu, atap dak beton sebaiknya dibuat dalam kemiringan 20 hingga 30 derajat. Selain itu anda harus menggunakan sika waterproofing untuk dak. Ini penting agar dak lebih tahan terhadap air.

Bila anda telah telanjur membangun dak, dan genangan air telah merembes hingga ke atap bagian dalam, bersiaplah untuk mendapatkan atap yang ditumbuhi banyak jamur. Jika sudah begitu anda perlu membersihkannya dengan cara berikut ini.

  • Sikat bagian atap yang terkena lumut menggunakan sikat lantai. Gosok hingga atap bersih dan lumut terangkat. Nah, agar lumut hilang secara sempurna, sikatlah secara searah, dari bagian atas ke bawah.
  • Cara kedua yang bisa anda coba untuk menghilangkan jamur pada permukaan atap adalah dengan membersihkannya menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan hidrogen peroksida.
  • Jika anda tidak menemukan cairan pembersih tersebut di toko terdekat, anda juga bisa membuat cairan pembersih sendiri. Caranya larutkan 63 ml cuka, 2 sendok boraks, dan 500 ml air panas.
  • Setelah siap, semprotkanlah cairan tersebut pada permukaan atap yang berjamur sambil disikat. Dengan cara ini atap pun akan kembali bersih dan terlihat cantik
  • Jika anda merasa kedua cara sebelumnya kurang efektif, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pressure washing. Alat ini merupakan sebuah semprotan air bertekanan kuat yang bisa membersihkan berbagai jenis kotoran seperti debu, jamur, ataupun lumut yang terdapat pada atap
  • Untuk mencegah jamur tumbuh kembali, anda bisa menggunakan dehumidifier. Alat ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelembaban dari udara sehingga bisa menekan pertumbuhan jamur ataupun lumut2. Untuk atap dak beton yang digunakan sebagai roof garden, anda harus memberikan perhatian lebih. Pasalnya proses penyiraman pada tanaman pasti juga bisa menimbulkan genangan air pada permukaan atap.
  • Selain memasang pelapis anti-bocor yang dipasang oleh penyedia jasa waterproofing membrane bakar, anda juga harus membangun instalasi saluran air bersih dan air kotor. Instalasi air bersih digunakan untuk menyiram tanaman.
  • Instalasi ini harus terhubung langsung dengan bak penampungan air. Sedangkan instalasi air kotor harus terarah ke saluran pembuangan air3. Agar atap dak beton terlihat selalu bersih, tahan terhadap debu, lumut, dan terlihat lebih indah, anda bisa mengaplikasikan cat pelapis anti bocor. Dalam pemilihan jenis cat tersebut, jangan lupa pastikan cat yang anda beli bersifat tahan terhadap sinar matahari, dan memiliki formula anti jamur.

Nah itu dia ulasan mengenai tips cara agar atap selalu terlihat bersih. Jika anda tertarik untuk mengikuti tips di atas, jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan termasuk sika waterproofing untuk dak.

Semoga tips cara-cara yang telah disampaikan di atas bisa memberikan anda manfaat dan bisa diikuti dengan baik. Selamat mendapatkan atap yang bersih dan cantik ya!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *