Yuk! Simak Cara Memasang Vinyl Lantai Rumah Sakit

Cara Memasang Vinyl Lantai Rumah Sakit

Memilih jenis lantai untuk rumah sakit tidaklah boleh sembarangan. Hal ini dilatarbelakangi banyak hal; termasuk di dalamnya daya awet lantai hingga faktor kenyamanan penghuni rumah sakit yang tiap hari berlalu-lalang di atas lantai. Lantai vinyl adalah salah satu opsi terbaik bagi Anda yang sedang bingung memilih varian lantai rumah sakit. Terdapat beberapa kelebihan lantai vinyl dibanding jenis lantai lainnya, yang membuatnya menjadi sangat cocok untuk bangunan selayaknya rumah sakit.

Begini Cara Memasang Vinyl Lantai Rumah Sakit

Cara Memasang Vinyl Lantai Rumah Sakit

1. Mengukur Luas Lantai Rumah Sakit

Langkah pertama pemasangan lantai vinyl adalah tentu saja dengan melakukan pengukuran terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui luas dari lantai vinyl rumah sakit, sehingga, dengan itu dapat diketahui seberapa banyak lantai vinyl yang akan digunakan.

2. Mengaplikasikan Lapisan Dasar (Opsional)

Ada baiknya untuk memasang lapisan dasar terlebih dahulu, sebagai tempat melekatnya lantai vinyl. Sebab, pada proses pemasangan, tidak boleh terdapat lubang atau permukaan yang bergelombang. Kedua hal semacam itu tentunya dapat menjadi penyebab lantai vinyl tidak teraplikasikan dengan baik, tidak awet, mudah rusak,dll.

3. Mengaplikasikan Lem

Setelah memastikan lantai yang ingin dilapisi dengan vinyl rata dan halus, langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikan lem. Tedapat pelbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan lem ke atas lantai, namun, yang paling sering digunakan yaitu dengan menggunakan kuas, lalu mulai mengolesi lem dari sudut ruangan.

4. Memasang Lapisan Vinyl Satu per satu

Pengaplikasian lapisan vinyl memerlukan kesabaran dan teknik tertentu, letakkan lapisan vinyl di atas lantai yang telah diolesi lem secara berurutan; satu per satu. Pastikan kepingan vinyl dipasang pada posisi yang tepat, sehingga tidak menyebabkan daya lekat lem menjadi berkurang akibat perbaikan posisi lantai vinyl yang dilakukan secara terus menerus.

5. Tahap Finishing

Langkah terakhir adalah dengan menekan-nekan lantai vinyl yang telah diaplikasikan di atas lem, sehingga bisa menempel dengan baik. Jika perlu, gunakan rolling pin. Setelah melakukan semua proses tadi, tunggu selama beberapa jam hingga lantai vinyl sudah merekat secara sempurna.

Keunggulan Vinyl Rumah Sakit

Cara Memasang Vinyl Lantai Rumah Sakit

1. Praktis dalam Proses Pemasangan

Tidak ada orang yang ingin ribet dalam masalah pemasangan lantai; entah itu perkantoran, bandara, rumah sakit, atau bangunan lainnya. Nah, lantai vinyl adalah jenis lantai yang mudah untuk diaplikasikan. Anda tidak perlu menggunakan tenaga ekstra atau pun banyak waktu untuk bisa memasang lantai ini. Dengan proses pemasangan yang demikian, selain mengefisienkan waktu yang diperlukan, tentu juga dapat meminimalisir budget yang harus dikeluarkan untuk biaya pemasangannya.

2. Tidak Memerlukan Perawatan Khusus

Dengan mengaplikasikan lantai vinyl rumah sakit, Anda semakin mengurangi tenaga, biaya, dan waktu yang dikeluarkan, sebab, lantai vinyl tidak memerlukan perawatan khusus sebagaimana jenis lantai lainnya. Jenis lantai ini sangat mudah untuk dibersihkan, cukup disapu dan dipel secara rutin, maka, akan bersih seperti sedia kala.

3. Tahan Air dan Tahan Api

Penggunaan vinyl untuk lantai rumah sakit tentu bukan tanpa alasan, lantai jenis ini memiliki daya tahan yang sangat baik. Selain dapat menahan beban dari roda kursi; roda ranjang rumah sakit yang setiap hari berlalu-lalang di atasnya—ternyata, lantai vinyl juga mempunyai ketahanan terhadap api. Dalam tingkatan atau skala tertentu, jenis lantai ini tidak akan rusak dan ikut menyebarkan kobaran api; lantai ini juga tahan terhadap air, sehingga, tidak perlu cemas semisal lantai vinyl Anda ditumpahi atau digenangi air.

4. Anti Rayap

Salah satu yang ditakutkan dari sebuah bangunan adalah rayap. Sebuah rumah yang menjadi sarang rayap sudah tentu akan menjadi rapuh, sehingga, sangat berbahaya bagi orang-orang di dalamnya. Lantai vinyl berbahan dasar plastik, bukan kayu—yang merupakan sarang favorit rayap, Oleh karenanya, memilih lantai berbahan dasar vinyl untuk diaplikasikan di rumah sakit merupakan hal yang tepat. Sebab,  lantai di rumah sakit sudah seharusnya higienis, bersih, atau steril—jauh dari kata jorok, kotor, apalagi keropos akibat serangan rayap.

Itulah tadi cara memasang lantai vinyl rumah sakit, disertai dengan keunggulan dari lantai anti rayap tersebut. Dilihat dari cara pemasangannya yang begitu simpel, serta beberapa keunggulan yang telah disebutkan tadi—bisa dibilang, bahwa jenis lantai ini adalah yang terbaik untuk diaplikasikan di rumah sakit.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *