Wajib Tahu! Ini Dia Cara Memotong GRC yang Benar

Cara Memotong GRC yang Benar

Perkembangan zaman yang semakin pesat membawa segala aspek untuk mengikuti dan mengalami perubahan, tanpa terkecuali dalam hal konstruksi bangunan. Banyak modifikasi yang dilakukan demi satu tujuan, yakni mendapatkan bangunan yang kokoh, kuat, tahan lama, ekonomis serta nyaman untuk digunakan. Semua hal itu dilakukan demi kenyamanan manusia itu sendiri.

Salah satu yang perlu dirombak dan diperbaiki di bidang konstruksi ini yaitu mengenai bahan utama bangunan. Kini telah hadir papan GRC sebagai bahan bangunan yang saat ini banyak diincar keberadaannya bagi para konsumen karena mempunyai banyak kelebihan dibandingkan bahan bangunan lainnya. Bahan GRC (Glassfibre Reinforced Cement) merupakan bahan bangunan terbuat dari beton serta menggunakan serat kaca sebagai penguat komponennya. GRC ini lebih diminati karena memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan menggunakan bahan triplek secara konvensional.

Langkah Memotong Papan GRC

Cara Memotong GRC yang Benar

Dalam proses pengerjaan, biasanya partisi GRC ini memerlukan proses pemotongan untuk disambungkan dengan potongan GRC lainnya. Teknik pemotongannyapun tidak sama seperti pemotongan pada bahan bangunan lainnya. Proses pemotongan ini memerlukan ketelitian yang ekstra serta memerlukan teknik tersendiri agar didapatkan potongan GRC yang rapi dan rata. Jika anda meleset dalam memotong, maka kemungkinan bahan potongan GRC tersebut bisa tidak tersambung dengan potongan GRC lainnya.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk memotong bahan GRC ini diantaranya ada paku/pensil, gergaji, kaca, penggaris, dan pastinya meja untuk alasnya. Lantas bagaimana cara memotong bahan GRC yang benar? Simak langkah-langkah berikut:

1. Persiapan

Yang anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang mendukung proses pemotongan GRC di atas meja kerja. Anda bisa meletakkan kaca di atas meja kerja. Hal tersebut digunakan karena permukaan yang licin mempermudah proses pemotongan. Selain itu alat-alat pemotong juga perlu disiapkan.

2. Pengukuran

Letakkan bahan GRC yang ingin dipotong di atas kaca di meja kerja. Anda bisa menandai bahan GCR yang ingin dipotong dengan menggunakan pensil atau paku. Gunakan penggaris diantara garis yang telah anda buat dan tahan menggunakan tangan ataupun kaki anda agar penggaris tidak bergerak dari garis yang telah ditentukan.

3. Proses Pemotongan

Setelah dirasa pas, anda bisa menggunakan cutter ataupun gergaji untuk memotong garis yang ada di samping penggaris. Gunakan alat pemotong ini dengan mantap dan tekanan yang kuat. Anda harus tetap memastikan bahwa hasil potongan anda mengikuti garis dari penggaris. Anda tidak perlu memotong GRC hingga terpotong dengan sempurna. Anda hanya memotongnya hingga dalam saja.

4. Proses Pematahan

Jika anda sudah yakin dalam memotong partisi GRC dengan alat potong, yang anda lakukan selanjutnya adalah mematahkan potongan GRC dengan menginjak GRC yang ditutupi penggaris, dan menarik GRC yang satunya lagi dengan kedua tangan anda. Tarik dan dorong papan GRC hingga menyebabkan GRC terbelah sempurna.

5. Finishing

Anda akan mendapatkan potongan GRC yang lebih rapi dan rata dibandingkan dengan memotongnya secara manual. Tahapan akhir setelah anda mematahkan bahan GRC dengan sempurna, anda tinggal mengamplas bagian sisi dari GRC agar hasil potongan lebih halus dan aman untuk dipindahkan. Anda bisa menggunakan potongan GRC ini untuk disambungkan dengan bahan GRC lainnya.

Itulah beberapa cara memotong bahan GRC dengan benar. Pastikan semuanya dilakukan dengan rapi dan teliti agar didapatkan bangunan yang diinginkan. Semoga berbagai informasi tersebut dapat membantu anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *