Ide Paling Cantik Memadukan Akuarium Untuk Partisi Ruangan

Akuarium Untuk Partisi Ruangan

Pada rumah atau ruangan jenis lain perlu adanya pemisahan atau sekat antara satu ruang dan ruang lain yang fungsinya untuk membedakan kegunaan antar ruangan. Pemisah ruangan umumnya menggunakan tembok, namun saat ini masyarakat sedang marak-maraknya menggandrungi sekat ruangan jenis partisi.

Partisi dinding merupakan sekat atau pembatas ruangan yang menutupi sebagian ruangan, berbeda dengan tembok yang menutup ruangan dengan penuh. Partisi digunakan selain untuk memisah antar ruangan juga umumnya digunakan untuk ruangan yang minimalis agar ruangan tetap terbagi tanpa kehilangan luas ruang yang banyak. Selain itu menggunakan partisi juga memungkinkan menambah estetika pada ruangan karena partisi memiliki banyak jenis yang beragam dari mulai bahan, warna, motif hingga ukuran.

Ide Memadukan Akuarium Sebagai Sekat Ruangan

Aquarium Sebagai Sekat Ruangan

Semakin berkembangnya perspektif masyarakat terhadap estetika sebuah ruangan, semakin berkembang pula modifikasi yang diterapkan ke dalam ruangan. Tidak terkecuali dengan sekat ruangan, kini sekat ruangan atau partisi yang memadukan akuarium sedang banyak digandrungi oleh sebagian besar masyarakat luas.

Sekat ruangan dengan memadukan akuarium memiliki banyak kelebihan, berupa:

  1. Estetika ruangan akan semakin meningkat, hal ini dikarenakan menggunakan akuarium sebagai sekat ruangan masih sangat jarang digunakan sehingga terkesan unik dan tentunya berestetika karena adanya ikan-ikan dan hiasan seperti rumput air maupun batu-batuan.
  2. Pencahayaan optimal. Menggunakan sekat ruang seperti tembok selain mempersempit ruang juga menghambat cahaya masuk dengan optimal. Dengan menggunakan akuarium yang bermaterial kaca, cahaya akan menembus ruangan dengan leluasa.
  3. Lebih tahan lama. Partisi ruangan yang memadukan akuarium akan bertahan lebih lama karena material kaca yang digunakan pun kuat.

Sama halnya seperti partisi dinding gypsum, partisi yang memadukan akuarium juga sifatnya ada yang permanen ada pula yang sementara. Yang permanen biasanya cara memasangnya lebih kuat dan ditempelkan ke bagian lantai dan dinding, sedangkan yang sementara umumnya menggunakan ukuran yang kecil serta tidak ditempelkan ke bagian lantai maupun atap.

Selain kelebihan sekat akuarium di atas, ada pula beberapa ide menggunakan sekat atau partisi ruangan dari akuarium agar tidak salah kaprah dalam memasangnya:

1. Kombinasikan dengan lemari

Sekat atau partisi akuarium yang dikombinasikan dengan lemari adalah jenis partisi sementara yang posisinya dapat dipindah suatu waktu seiring perubahan kegunaan ruangan. Untuk mengkombinasikannya dengan lemari, gunakanlah lemari yang pendek kemudian taruhlah akuarium yang agak tinggi di atasnya sampai partisi dapat menutupi hampir setengah tinggi ruangan.

Lemari yang digunakan pada nantinya dapat difungsikan tergantung ruangannya. Jika ruangan tersebut adalah untuk ruang tamu maka fungsinya dapat digunakan untuk menyimpan makanan, begitu pula dengan ruangan lain.

Selain menggunakan lemari pendek, Anda juga dapat menggunakan lemari tinggi yang memiliki ruang kotak di tengahnya yang dapat dijadikan tempat untuk menyimpan akuarium. Kombinasi ini akan menciptakan dualisme pada ruangan, yaitu fungsional dan estetika.

2. Kombinasikan dengan rak buku

Mengkombinasikan partisi ruangan menggunakan akuarium dan rak buku akan sangat cocok jika diterapkan di ruang santai atau perpustakaan. Estetika dari susunan buku-buku dan ikan yang berenang akan berhasil menciptakan suasana yang tenang.

3. Kombinasikan dengan bentuk partisi unik

Partisi pada dasarnya memilki banyak jenis penyusun bahan dari mulai kayu bahkan hingga kaca. Untuk menciptakan nilai estetika yang lebih tinggi pada ruangan, tidak ada salahnya mencoba mengkombinasikan akuarium dengan partisi yang memiliki bentuk unik seperti partisi dinding kayu dengan motif unik ataupun partisi dari kaca yang akan semakin mengoptimalkan masuknya cahaya.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *