Beli Plafon Gypsum? Kenali Jenisnya Terlebih Dahulu

Banyaknya Jenis Plafon Gypsum

Gypsum, bahan bangunan ini mungkin sudah sering Anda dengar, bahkan mungkin terdapat di dalam rumah Anda. Pada dasarnya, setiap jenis plafon gypsum mempunyai tipe dan jenis, entah plafond gypsum minimalis, atau plafon yang mewah. Plafon dari gypsum ini bisa dengan mudah ditemukan karena banyaknya pengguna di zaman modern ini.

 

Jenis Gypsum Berdasarkan Penerapannya

Terdapat beberapa jenis gypsum di pasaran, semuanya tentu memiliki karakter serta kelebihan yang berbeda-beda, bahkan penerapannya pun juga berbeda. Berikut jenis dari gypsum sesuai dengan penerapannya, antara lain:

 

1. Gypsum waterproof

Gypsum jenis ini diterapkan di lantai seperti ubin, hal ini disebabkan karena memiliki sifat bendung pada air. Zat yang membuatnya memiliki sifat bendung pada air karena adanya lilin dalam material penyusunnya. Karena dirancang untuk ubin, gypsum ini tidak bisa digunakan sebagai plafon. Pemasangan gypsum waterproof biasanya dilakukan pada ruangan yang memiliki tingkat kelembaban tinggi seperti kamar mandi, dan dapur.

Image result for gypsum waterproof

2. Gypsum tahan api

Gypsum ini memiliki kandungan serat kaca. Dengan kandungan dasarnya tersebut, gypsum ini pas digunakan untuk ruangan yang memiliki temperatur tinggi bahkan panas seperti tembok outdoor, perapian hingga dinding dapur.

Image result for gypsum tahan api

3. Gypsum kedap suara

Jenis gypsum ini akan meredam bunyi, sehingga bunyi akan diredam dengan sangat sempurna entah dari luar atau pun dari dalam partisi. Gypsum ini merupakan gabungan dari 2 panel gypsum yang kemudian disatukan. Berbeda dengan gypsum tahan api, gypsum ini tidak cocok dipasang untuk zona yang memiliki temperatur tinggi.

Image result for gypsum kedap suara

4. Gypsum reguler

Image result for gypsum kedap reguler

Sebutan ini digunakan untuk gypsum yang dibungkus dengan menggunakan kertas. Gypsum reguler biasanya digunakan sebagai penutup bagian langit-langit, yang dapat dipelitur serta di cat. Pemasangannya begitu simpel dengan menggunakan lem, dan sekrup, gypsum ini bisa dengan cepat dipasang.

 

Jenis Plafond Gypsum

Bagaimana dengan plafond? Untuk jenis plafond, gypsum dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis gypsum plafon, antara lain:

  • Gypsum dessert

Image result for gypsum desert

Nama gypsum ini berasal dari bentuknya yang mirip dengan kembang mekar. Format gypsum ini memiliki tekstur yang seperti pasir. Gypsum banyak kita temukan di wilayah yang memiliki iklim gersang atau berpasir.

  • Gypsum alabaster

Image result for gypsum alabaster

Gypsum ini memiliki bentuk seperti jaring serat halus. Warna dominasi putih akan memberikan kesan soft, inilah alasan mengapa alabaster banyak digunakan untuk ruangan yang penuh dengan ornamen hias.

  • Salenit

Image result for gypsum selenite

Gypsum ini memiliki bentuk yang tipis. Namun ada beberapa varian yang dilengkapi dengan kristal kembar dan ganda. Gypsum ini memiliki butiran dan serabut yang lembut.

 

Tipe Gypsum untuk Plafond

 Sekarang ini ada begitu banyak model dan tipe gypsum untuk plafon seperti tipe konvensional. Dari banyaknya tipe gypsum, tipe ini merupakan jenis yang sering kita gunakan. Tipe ini terdiri dari lembaran material yang dipasang secara mendatar di bawah rangka atap. Cara pemasangannya lebih mudah dibandingkan dengan tipe yang lainnya.

Selain konvensional, ada pula tipe gantung. Tipe ini memiliki sedikit inovasi dibandingkan dengan konvensional. Plafon ini lebih sering digunakan untuk ruangan tertentu seperti semi terbuka. Tipe ini memiliki bobot yang ringan. Biasanya, plafon gantung akan dipasang di posisi bawah plafon lama.

 

Jika Anda tertarik menggunakan plafon gypsum, semoga artikel di atas dapat dijadikan sebagai bahan referensi, jangan lupa pilih plafon yang sesuai dengan desain rumah Anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *