Mau Bak Kamar Mandi Lebih Tahan Lama? Yuk Ikuti Tips Ini!

Bak Kamar Mandi

Salah satu perlengkapan yang ada di kamar mandi dan wajib dibersihkan secara rutin adalah bak mandi alias bathtub. Perawatan yang lebih ekstra harus dilakukan untuk bak mandi anda karena bak sering terkena air menyebabkan kotoran muncul dan menyebabkan noda. Tentunya, selain mengurangi keindahan kamar mandi anda, kuman yang terkumpul ini dapat membawa penyakit yang berbahaya bagi keuatga anda. Selain itu, kuman-kuman ini juga dapat membawa kerusakan pada bak mandi anda.

Lakukan Tips Ini supaya Bak Kamar Mandi Awet

Perawatan bak mandi yang benar dapat membantu anda mencegah kerusakan yang terjadi terhadap bak mandi anda. Namun sebelum anda membersihkan bak mandi di kamar mandi anda, ada baiknya anda memperhatikan terlebih dahulu, apa material dari bak mandi anda. Karena, kalau anda salah melakukan perawatan, justru bak mandi anda akan rusak dengan lebih cepat. Untuk itu, Kami akan membantu Anda memberikan tips bagaimana cara membersihkan bak mandi dengan benar sesuai dengan material yang sesuai dengan bak mandi anda!

1. Porselen

Sebagian besar pembersih kamar mandi sebetulnya aman dan dapat digunakan untuk bak mandi yang terbuat dari bahan utama porselen. Namun, cara menggunakannya juga tidak bisa sembarangan. Cara penggunaan pembersih kamar manti untuk bak mandi porselen yang benar adalah dengan mencampur air dengan baking powder. Setelah itu, siramkan ke seluruh permukaan bak. Lalu anda dapat menggosoknya dengan permukaan spons setelah didiamkan selama 30-45 menit. Lalu bilas sampai bersih.

Kalau masih belum bersih, anda dapat mengulangi cara tadi selama beberapa kali. Anda juga bisa menggunakan amplas untuk porselen jikalau ada noda yang membandel pada bak mandi anda. Namun, demi perlindungan maksimal, ada baiknya anda melapis bak kamar mandi anda dengan waterproofing coating. Harga waterproofing coating sendiri lebih murah dibandingkan kalau anda terpaksa mengganti bak mandi anda karena kerusakan yang sudah parah.

2. Fiberglass

Banyak dari para pengguna bak mandi dengan bahan fiberglass memilih jenis ini karena harganya yang terasa lebih terjangkau pada beberapa produk. Tentu hal ini tidak salah. Namun, perawatan yang prima juga dapat memperpanjang bak mandi berbahan fiberglass yang anda miliki. Untuk melakukan perawatan terhadap bak mandi ini, anda dapat menggunakan cairan pencuci piring, deterjen dan cairan pembersih kamar mandi non-abrasive. 

Baca juga: Cara Memadukan Jenis Waterproofing yang Berbeda

Untuk hasil yang lebih optimal, anda dapat mencampurkan cairan tadi dengan baking soda sampai membentuk cairan menyerupai pasta. Setelah jadi, gunakan campuran bahan-bahan tadi dan oleskan pada seluruh sisi permukaan bak mandi anda. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas bak mandi anda sampai bersih sambil di lap dengan menggunakan spons. Anda juga harus memastikan kalau semua sisi mendapatkan baking soda agar bersih maksimal. Menggunakan waterproofing coating juga mempermudah anda dalam perawatan bak fiberglass anda. Untuk harga, anda dapat melihat harga waterproofing coating melalui internet atau toko terpercaya.

Walaupun begitu, anda tidak disarankan untuk menggunakan waterproofing membran bakar. Walau harga waterproofing membran bakar berbeda dengan waterproofing coating, penggunaan waterproofing membran bakar tidak akan cocok dengan bahan bak mandi anda dan rawan terjadi kesalahan dalam pengapliaksiannya. Oleh karena itu, anda juga harus cermat memilih waterproofing.

3. Akrilik

bak mandi akrilik

Bak mandi dengan bahan yang satu ini dapat dibersikhkan dengan menggunakan cairan pembersih non-aerosol dan non-abrasive. Anda juga bisa menggunakan waterproofing coating untuk melapis bak akrilik anda sehingga tahan lebih lama. Namun harus diperhatikan juga, walau harga waterproofing membran bakar berbeda dengan waterproofing coating, anda tidak bisa menggunakan waterproofing membran bakar karena tidak sesuai dengan bahan bak mandi anda.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *