Mengenal Jenis Gergaji Untuk Fungsi Yang Berbeda-Beda

Handsaw

Gergaji adalah salah satu alat pertukangan yang wajib dimiliki oleh siapapun karena fungsinya yang sangat berguna dalam memotong objek seperti kayu untuk lantai parket yang nyaman, besi, plastik, hingga logam. Biasanya, kita akrab dengan bentuk gergaji yang umum dan normal, yakni yang memiliki pegangan satu dengan gigi yang kecil dan tajam, namun sebenarnya gergaji memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda.

Mengenal Jenis-Jenis dan Fungsi-Fungsi Gergaji Yang Berbeda

Penggunaan gergaji bergantung pada objek serta bentuk yang ingin dipotong. Berbeda fungsi maka berbeda pula jenis gergaji yang harus digunakan. Dalam artikel berikut, kita akan membahas perbedaan tipe gergaji dan fungsinya, seperti yang terjabarkan di bawah ini;

Coping Saw

Coping saw adalah gergaji yang memiliki bentuk seperti huruf U. Mata gergajinya berukuran kecil dan tipis, namun sangat tajam dan bisa diganti. Dengan bentuknya, gergaji ini cocok digunakan untuk membuat potongan melengkung pada triplek atau papan, atau untuk potongan yang simetris. Tukang ledeng dan tukang kayu diketahui sering menggunakan gergaji seperti ini.

Handsaw

 

Handsaw

Handsaw adalah gergaji yang paling sering kita temui. Handsaw memiliki mata gergaji ini besar dengan gigi yang kecil dan tajam sehingga sangat cocok digunakan untuk memotong kayu yang tebal. Tidak seperti coping saw, mata gergaji ini tidak dapat diganti, sehingga apabila gergaji ini menjadi tumpul, alat pengasah khusus dibutuhkan untuk menajamkannya.

Crosscut Saw

Gergaji ini memiliki mata gergaji yang cukup unik dengan bilahnya yang besar. Jarak antar giginya memiliki kerenggangan sehingga tampak seperti deretan gigi ompong. Crosscut saw biasa digunakan untuk pemotongan kayu secara kasar. Terdapat dua tipe pegangan dalam gergaji ini. Yang pertama adalah pegangan satu seperti halnya gergaji normal, dan dapat digunakan oleh satu orang saja dalam pemotongan kasara. Tipe yang lain adalah gergaji dengan dua pegangan pada setiap sisinya, biasanya gergaji crosscut saw dengan pegangan dua digunakan untuk pemotongan kayu tebal, seperti dalam penebangan pohon, yang membutukan kekuatan dua orang dalam pengerjaannya.

Back Saw

 

Back Saw

Gergaji satu ini memiliki bentuk layaknya pisau daging. Back saw umumnya memiliki ukuran yang relatif pendek dengan bilah potong yang tipis namun kaku dan diperkuat pada bagian tepi atas. Biasanya, gergaji jenis ini digunakan untuk pemotongan yang membutuhkan pemotongan yang lurus atau simetris.

Keyhole Saw

Keyhole saw adalah gergaji yang diperuntukan untuk memotong di bagian-bagian yang kecil dan sempit. Bilah gergaji ini akan meruncing dari pangkal pada pegangan hingga ujungnya, sangat cocok untuk melakukan pemotongan kecil pada kayu atau dry wall.

Hacksaw

Hacksaw memiliki mata gergaji yang halus dengan jarak gigi yang rapat, dan seperti coping saw, mata gergajinya dapat diganti. Gergaji ini cukup ringan dan dapat digunakan untuk melakukan pemotongan pada kayu, plastik, pipa, hingga logam.

Pruning Saw

Pruning saw memiliki bilah yang melengkung layaknya paruh burung dengan pegangan yang menyerupai gagang pistol. Dengan bentuknya ini, objek yang dipotong akan lebih cepat terpotong karena pemotongan terjadi dari dua arah yang berbeda.

Demikianlah jenis-jenis dari gergaji yang biasa digunakan dalam dunia pertukangan. Dengan memilih secara teliti jenis gergaji yang Anda inginkan, Anda bisa menghasilkan potongan kayu yang bagus dan rapi sesuai kebutuhan. Seperti untuk pemotongan kayu parket yang digunakan sebagai alas lantai rumah yang nyaman. Dengan gergaji yang tepat, Anda bisa menciptakan bentuk kayu parket yang sempurna sesuai dengan keinginan. Kayu parket sendiri bisa ditemukan pada toko, baik offline maupun online, yang ada jual parket murah, sehingga Anda hanya perlu memotong berdasarkan bentuk yang diinginkan.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *