Detail Spesifikasi Pipa Galvanis Dalam Dunia Konstruksi

Spesifikasi Pipa Galvanis

Dalam dunia konstruksi, pipa galvanis memiliki peran sentral  yang cukup penting dan sejauh ini belum tergantikan. Dengan segala keunggulan yang dimiliki unsur-unsurnya, galvanis pipe menjadi pilihan utama pada konstruksi tiang listrik dan juga pada saluran air. Khusus pada aplikasi saluran, komposisi galvanis dipadukan dengan seng sehingga mampu  menghasilkan material yang lebih resistant terhadap risiko korosi atau karat.

Namun sebelum lebih jauh membahas tentang galvanis dan spesifikasinya sendiri, ada baiknya diuraikan terlebih dahulu pengertian dan defenisi lengkap dari material konstruksi satu ini, termasuk ukuran, keunggulan material, dan aplikasinya dalam dunia konstruksi.

Definisi Pipa Galvanis, Bentuk, Ukuran Serta Berbagai Keistimewaannya

Istilah galvanis berasal dari serapan galvanized steel yang berarti proses pelapisan anti karat pada bahan baja dengan mencelupkannya pada aluminium panas dan cairan timah. Proses galvanized steel umumnya hanya dilakukan oleh pabrik produsen baja dengan skala besar saja. Tujuan utama dari tindakan galvanized adalah untuk mendapatkan material baja yang lebih resistant terhadap karat.

Harga pipa galvanis tergantung pada beberapa unsur, misalnya pada bentuk dan ukurannya masing-masing. Untuk diketahui pula bahwa galvanized steel memiliki bentuk yang tidak hanya berupa pipa atau hose. Komponen dan material konstruksi satu dapat pula diproduksi dalam bentuk lembaran baja, batangan baja, kotak, dan lain sebagainya.

Khusus dalam bentuk pipa sendiri, Galvanized Iron Pipe setidaknya memiliki beberapa ukuran yang paling populer diantaranya; diameter ½, diameter ¾, diameter 1½, diameter 2, diameter 3, 4,5 dan seterusnya hinga 10. Satuan ukuran diameter ini biasanya menggunakan inch, sedangkan panjang pipa biasanya maksimal 6 meter.

Sementara jika dilihat dari berbagai keunggulannya sendiri, galvanized pipe setidaknya memiliki beberapa keistimewaan berikut ini;

1. Anti Korosi atau Karat

Kelebihan utama dan paling diandalkan dari galvanis pipe memang adalah sifatnya yang tahan lama dan anti karat. Kondisi ini tentu saja membuat pemakaian atau lifetime pipa menjadi lebih panjang dan awet.

2. Sangat Solid dan Kuat

Baja adalah salah material terkuat di dunia sehingga sangat tidak mudah untuk hancur karena misalnya jatuh, terbanting, atau terkena benturan yang keras. Kekuatan unsur baja pada galvanized steel ini menjadikannya pilihan utama untuk konstruksi berat.

3. Tahan Lama

Spesifikasi Pipa Galvanis

Relevan dengan sifatnya yang telah mengalami proses galvanized sehingga menjadi lebih tahan terhadap risiko karat, maka rasio ketahanan galvanis pipa juga menjadi meningkat berkali lipat. Jika baja pada umumnya mungkin harus dilakukan peremajaan ketika mencapai usia pemakaian selama satu dekade, maka galvanized pipe bahkan bisa dua kali lebih baik daripada itu.

4. Ekonomis

Dibandingkan motode pelapisan lain pada material baja, dapat dikatakan bahwa galvanized steel pipe pada baja galvanis memiliki cost yang lebih rendah. Konsekuensi positif dari hal ini tentu saja adalah produsen dapat menetapkan harga pipa galvanis yang lebih terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat.

Umumnya untuk aplikasi galvanis pipe dalam volume cukup besar adalah instalasi tiang penyangga kelistrikan dan saluran perpipaan untuk air dingin. Menjadi sebuah catatan tersendiri bahwa saluran air panas tidak cocok menggunakan material galvanis karena dapat menyebabkan penipisan lapisan galvanized lebih cepat sehingga mempercepat pula terjadinya korosi atau kerusakan.

Aplikasi pipa galvanis dalam skala  yang lebih kecil dapat pula dengan mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pipa-pipa baja dengan aneka ragam ukuran dapat ditemui di temtera.com untuk kemudian dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. Pemanfaatan dapat dilakukan dari yang paling teknis sekali pun, hingga hanya untuk tiang penyangga antenna televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *