Tampilan Dinding Gypsum Anda Akan Lebih Menarik Dengan Pemasangan Wallpaper. Yuk Intip Cara Pemasangannya!

Pemasangan Wallpaper

Bingung ingin mendekorasi dinding ruangan seperti apa? Bosan dengan penggunaan cat yang monoton dan itu-itu saja? Anda bisa mencoba menggunakan wallpaper sebagai dekorasi dinding ruangan di rumah Anda. Penggunaan wallpaper menjadi pilihan banyak orang dalam mendekorasi dinding ruangan. Selain harganya yang terjangkau, penggunaan wallpaper juga memiliki waktu durabilitas yang cukup lama, yakni bisa hingga 10 tahun. Tidak hanya itu, motif, pola dan warna yang beragam membuat pilihan semakin banyak dalam menciptakan suasana yang diinginkan dalam ruangan, sehingga semakin banyak digemari orang. Pemasangan wallpaper pun sangat efisien dan praktis.

Langkah Yang Harus Diperhatikan Untuk Memasang Wallpaper Pada Dinding Gypsum

Salah satu alasan lain mengapa orang lebih memilih wallpaper ketimbang cat dinding biasa adalah karena waktu pemasangannya yang lebih cepat ketimbang menggunakan cat dinding. Belum lagi, bau cat dinding akan tercium selama jangka waktu tertentu ketika baru diaplikasikan pada dinding. Meski begitu pemasangan wallpaper sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kondisi dinding yang akan dipasangi wallpaper haruslah menjadi perhatian utama. Dinding yang masih baru adalah tipe dinding yang mudah dipasangi wallpaper. Anda bisa melakukan pemasangan secara langsung pada dinding. Berbeda jika kondisi dinding sudah lama dan ingin ditempeli wallpaper. Anda harus memastikan kondisi dinding apakah dindingnya lembab atau memiliki keretakan, permukaannya berlubang, berjamur atau cat yang terkelupas dan sebagainya. Jika dinding lama memiliki kekurangan seperti berlubang, Anda harus menambal dan meratakannya lebih dahulu. Wallpaper juga tidak bisa dipasang pada dinding yang lembab dan berjamur, hal ini dikarenakan bahan wallpaper yang terbuat dari kertas sehingga sangat rentan air dan apabila ditempel pada bidang dinding yang lembab, maka wallpaper akan mengalami kebusukan.

Tidak hanya kondisi dinding yang harus diperhatikan. Bahan dasar dari dinding itu sendiri harus diperhatikan, karena berbeda bahan dasar, maka ada perbedaan pula dalam cara pemasangannya. Dinding dengan bahan gypsum sering kali menjadi pilihan favorit orang-orang karena kelebihannya yakni mudah dipasang serta hemat dan ramah lingkungan. Dinding dengan bahan dasar gypsum bisa dipadukan dengan wallpaper, namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin memasang wallpaper pada dinding gypsum.

 

Sebelum melakukan pemasangan wallpaper, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa partisi dinding dalam kondisi baik, rata dan tidak memiliki kerusakan atau lubang. Lap hingga bersih bagian permukaan dinding, atau haluskan dengan sanding block agar permukaan gypsum menjadi halus dan mudah dipasangi dengan wallpaper. Setelah itu, Anda bisa memulai pemasangan wallpaper dengan menempelkan wallpaper di sudut bagian atas ruangan yang telah diberikan lem agar bisa merekat. Lebihkan ukuran wallpaper dengan kisaran 5 hingga 10 centimeter pada setiap sudutnya. Setelah wallpaper menempel, ratakan permukaan wallpaper dengan mengeluskan sikat secara perlahan dari sisi kiri ke kanan. Ini dilakukan agar kertas wallpaper bisa merekat pada lem sekaligus menghindari munculnya gelembung udara akibat pemasangan yang kurang rapi.

Langkah selanjutnya, apabila terdapat jendela pada ruangan, potonglah wallpaper seukuran dengan bingkai jendela, kemudian Anda hanya perlu melipat atau menempelkan bagian kertas wallpaper pada bingkai jendela. Untuk pemotongan kertas wallpaper pada setiap sisi dinding, gunakan spatula pengerok atau scraper untuk dijadikan penahan sekaligus penggaris ketika memotong bagian wallpaper menggunakan cutter. Biasanya, setelah pemotongan, akan ada lem yang tertinggal pada sudut dinding. Anda bisa menggunakan spons untuk mengelap lem yang tertinggal ini.

 

Pemasangan Wallpaper

Untuk menambahkan lembaran wallpaper berikutnya, Anda bisa melakukan proses yang sama, namun untuk menyambungkan lembaran wallpaper, timpalah ujung wallpaper pertama dengan wallpaper baru. Kemudian potong secara hati-hati bagian wallpaper yang ditimpa, ambil jarak kurang lebih 5mm dari ujung lembaran yang baru. Apabila sudah terpotong, cabutlah lembaran wallpaper yang tertipa dan tempelkan ujung lembaran wallpaper yang baru. Ratakan permukaan menggunakan roller agar wallpaper terlihat sempurna.

Ulanglah langkah-langkah tersebut hingga partisi dinding gypsum tertutup oleh wallpaper dengan sempurna, dan ruangan Anda pun akan tampak cantik sekaligus nyaman dengan wallpaper yang telah terpasang.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *