Tips Memaksimalkan Kerja AC di Ruangan

Tidak dipungkiri lagi bahwa pada saat ini AC menjadi salah satu alat yang wajib ada di rumah. Ada banyak orang yang memasang AC di rumahnya. Apalagi bagi yang tinggal di Indonesia yang mempunyai iklim tropis terutama yang tinggal di kota-kota besar yang cenderung hawanya sangat panas. Dengan adanya AC, akan membuat suasana di ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman kapanpun anda mau.

Meskipun dipasang di dalam rumah atau ruangan, terkadang AC tidak berkerja secara maksimal. Kenapa bisa terjadi? Selain karena kemungkinan kerusakan, tapi juga karena penempatannya yang kurang tepat dan juga penataan ruangan yang salah yang mana menyebabkan kerja AC tidak maksimal. Jika anda ingin mendapatkan penataan ruangan yang bagus, maka anda bisa berkonsultasi dengan jasa renovasi kantor atau rumah.

Cara Agar AC Berfungsi Maksimal

Jika anda ingin tahu mengenai bagaimana sih bisa memaksimalkan kerja AC pada ruangan atau kantor, berikut ini adalah tipsnya.

1. Nyalakan Kipas Angin Bersamaan dengan Menyalakan AC

Jika ruangan anda luas dan membuta kerja AC tidak maksimal, maka salah satu caranya adalah dengan menyalakan kipas angin bersamaan dengan AC selama berbagai saat. Hembusan angin yang berasal dari kaos angin akan bisa membantu dalam menyebarkan udara sejuk yang akan ditiupkan oleh AC ke seluruh ruangan. Namun jangan menyalakan kipas secara terus – menerus ya. Matikan kipas angin jika suhu sudah rumayan sejuk

2. Jauhkan AC dengan Alat Elekronik

Tips selanjutnya adalah menjauhkan alat elektronik dan barang-barang lainnya yang bisa menyebarkan suhu panas ruangan misalnya saja lampu, TV dan komputer. Rasa panas dari alat-alat tersebut bisa membuat AC harus lebih bekerja semakin keras untuk bisa menyejukkan ruangan. Oleh karena itu, matikan atau jauhkan semua alat eletronik yang bikin panas auaoay ruangan menjadi sejuk.

3. Periksa Kondisi Ventilasi AC

Selanjutnya, anda harus bisa memastikan udara AC berserta kompresornya tidak tertutup oleh benda lain yang berada di depannya. Kondisi ini tentu saja akan membuat udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi semakin tinggi suhunya sehingga membuat gerah.

Baca juga: Penggunaan Sensor Pintu Otomatis yang Pas Untuk Kantor Anda

4. Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Pada dasarnyaz AC tidak akan bisa bekerja secara maksimal apabila ruangan dalam.keadaan terbuka. Jadi periksalah setiap bagian ruang anda termasuk ventilasi dan pastikan merwka semua dalam keadaan tertuti tanpa ada celah. Jika ada celah, akan membuat udara yang dihembuskan oleh AC tidak akan maksimal .

5. Coba Lapangan Ruangan

Tidak jarang kita lihat bahwa sebauh  ruangan dipenuhi berbagai macam barang. Hal ini padahal membuat AC akan menjadi kurang maksimal bekerjanya. Sebaiknya, beresi dan singkirkan semua barang yang ada di ruangan. Setelah itu, AC pasti akan bekerja secara maksimal.

6. Peletakan AC

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa selain faktor ruangan, penyebab AC tidak maksimal adalah peletakan AC. Sebaiknya letakkan AC pada bagian luas. Selain itu, jangan meletakan AC dalam posisi yang terlalu pendek karena akan membuat udara pada AC tidak akan bekerja secara maksimal

Nah, sudah terjawab bukan mengenai cara untuk memaksimalkan kerja AC? Anda bisa mengikuti  aea – cara yang sudah dijelaskan di atas. Namun jika anda ingin lebih maksimal, saatnya sekarang anda menggunakan jasa kontraktor supaya penataan ruangan anda semakin bagus dan tepat. Yuk segera di coba.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *